Apa itu Meltique beef ?

Apa itu Meltique beef ?

Meltique adalah sebuah proses di mana daging reguler disuntikkan lemak Nabati untuk mendapatkan tekstur lemak yang diinginkan. Lemak yang digunakan ini berasal dari Canola oil yang diambil dari biji bunga Canola.

Bagian-bagian daging sapi yang biasanya diproses untuk menjadi Meltique Beef adalah bagian pinggul sapi baik berupa Has dalam (Tenderloin) dan Has luar (Sirloin).

Proses Meltique sendiri sebenarnya berasal dari sebuah teknik bernama Pique. Teknik yang berasal dari Prancis ini adalah teknik menginjeksi lemak atau racikan rempah ke dalam daging polos dengan mengguanakan jarum suntik khusus bernama Lardoire.

Proses Meltique ini akhirnya membuat sebuah daging reguler menjadi daging yang cukup ‘mirip’ dengan daging Wagyu dari segi tampilan dan rasa. Perhatian !, bukan menjadi daging Wagyu tapi hanya menjadi ‘mirip’. Proses Meltique ini tidak membutuhkan biaya yang besar, dan hasilnya daging ‘mirip’ Wagyu ini bisa dijual dengan harga yang murah.

Keuntungan untuk Restauran/pencinta Steak adalah mereka bisa mendapatkan bahan baku daging yang ‘mirip’ Wagyu namun dengan harga terjangkau. Kemudian mereka bisa menjual/ konsumsi steak enak tanpa harga yang tinggi.

Dengan harga terjangkau ini tentu membuat pembeli memenuhi gerai Steak dengan hasil akhir keuntungan besar dari modal daging yang aslinya reguler.

Rasa penasaran kita sebagai konsumen. saat  sudah tahu berapa harga sebenarnya dari daging Wagyu, tentu harga daging steak murah yang kita makan tidak cocok dengan harga daging Wagyu yang normal khan ?

Kemungkinan besar daging yang konsumen makan di restaurant ” Branded” adalah Meltique Beef.

Tren Meltique Beef ini sudah berjalan cukup lama di kalangan Restaurant dengan menu Steak. Sedangkan untuk konsumen masih belum banyak beredar informasi tentang proses Meltique ini.

Disarikan : berbagai sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!